Senin, 11 April 2011

Air Scoop CVT Baru di Suzuki Hayate, Lebih Dingin Lebih Bersih!!!



Awalnya sempat bingung melihat mesin Hayate 125, kok ada selang tambahan di atas kipas pendingin yang terletak di sebelah kanan mesin. Suzuki Hayate sebenarnya masih menggunakan mesin yang sama dengan Skywave, tapi pada Skywave perangkat ini enggak ada loh!

Apa sih ini? Telisik punya telisik, ternyata belalai mungil ini adalah saluran pendinginan CVT baru pada Hayate. Hal ini dikuatkan oleh pernyataan Pak Hariadi dari divisi service Suzuki. Kalau enggak salah, pria yang selalu tampil klimis ini menjabat assistant section head service 2W di PT Suzuki Indomobil Sales.

“Ya, ada penyempurnaan pada air scoop untuk pendingin CVT (Continuously variable transmission),” ungkapnya saat itu. Tadinya air scoop ada di atas mesin, di bawah boks. Nah yang sekarang diletakkan di samping.

“Kalau di atas mesin pasti lebih panas, tapi dengan dipindah ke samping harapannya udara yang masuk mendinginkan ruang CVT jadi lebih dingin. Sehingga pendinginannya lebih optimal,” jelas Hariadi.

Pendinginan di ruang CVT ini sangat penting, mengingat komponen di dalamnya mulai dari pully, roller hingga belt saling bergesekan saat bekerja menyalurkan tenaga. Sudah saling bergesek, tanpa pelumas pula. Tapi memang tidak boleh ada pelumas, kalau licin malah bisa selip kan bro….????

Panas di dalam CVT tentunya menjadi ujian bagi tiap part. Dan yang paling rawan memuai adalah belt, bila kualitas belt tidak bagus atau CVT terlalu panas, belt bisa mulur. Kalau sudah mulur bisa dipastikan selip dan tenaga tidak 100 persen tersalur ke roda belakang. Efeknya jadi tidak bertenaga dan boros bensin bro!!!

Balik lagi air scoop Hayate. Moncong air scoop ini ada pada kisi-kisi di dekat pijakan kaki kanan (GBR.1). Lalu belalai ini akan menyusup di sisi samping bodi bagian dalam (GBR.2). Gambar dua itu diambil dari bagian dalam cover bodi atau dalam kondisi jok dan bagasi dilepas.

Kalau dilihat dari luar, nampak di gambar ketiga (GBR.3). Di atas kipas, belalau ini akan belok ke kiri dan masuk ke ruang CVT. Sayangnya, karena terlalu sempit, saluran yang masuk ke dalam CVT tidak bisa di foto.

“Oiya, desain yang baru ini juga bisa memperkecil kotoran yang mungkin masuk ke dalam air scoop,” ungkap Hariadi. Wah, jadi lebih dingin dan lebih bersih dong….???
Hehehe…. kenapa enggak dari dulu yeeee….!!!!

1 komentar:

  1. ciri spesifik kalok belt udh aus ap buat orang awam tntng mesin??

    BalasHapus