Selasa, 05 April 2011

Burgman Fuel Cell & Crosscage, Motor Masa Depan Bertenaga Hidrogen


Hadir di Bangkok Motor Show 2011, Suzuki memamerkan dua motor masa depannya. Kedua motor ini mengusung mesin ramah lingkungan tipe fuell cell hydrogen, tentu bahan bakar yang digunakan untuk menjalankannya kudu pakai hidrogen. Bukan lagi minyak yang diambil dari perut bumi. Tapi, kandungan air dan oksigen. Maka itu, Suzuki Crosscage dinilai nol emisi gas buang alias zero CO2 emissions.

Dimensi yang ditawarkan Crosscage, panjang 1.985 mm x lebar 645 mm x tinggi 1.020 mm. Bobot kosong yang diberikan 156 kg. Boleh dikatakan kalau Crosscage tak ubahnya motor listrik. Karena memang basis engine yang digunakan elektrik. Serupa sistem starter yang diaplikasi.


 Tangki hidrogen terletak di tengah motor. Nah, di bawah tabung hidrogen ini engine betengger. Mesin hampir mengisi seluruh bagian bawah tengah.

Crosscage juga dilengkapi ban Bridgestone 100/80-17 (depan) dan 120/70-17 di bagian belakang. Tapi yang menarik, karena motor yang punya rangka silang menyerupai huruf X di bagian tengah ini sudah mengaplikasi lengan ayun tunggal alias pro arm.


Begitu juga untuk bagian depan! Crosscage juga adopsi single sok di sisi kiri. Tentunya jika dilihat dari sisi kanan, kedua roda seolah tidak dilengkapi dengan pegangan atau dudukan. Kesan yang mencuat pun menjadikan pacuan ini jadi lebih futuristik! Keren...
 
Spesifikasi Suzuki Crossage
Ban depan : Bridgestone 100/80-17
Ban belakang : Bridgestone 120/70-17
Tipe mesin: Elektrik
Pelek : Aluminium
Suspensi depan: Single sided front fork
Suspensi belakang: Single sided swingarm


Burgman Fuel Cell

Layaknya Suzuki Crosscage, Suzuki Burgman juga sudah mengaplikasi mesin berbahan bakar Hidrogen. Maka itu, pihak Suzuki sendiri memberi nama Suzuki Burgman Fuel Cell Scooter.
Skubek yang tengah diuji coba di Inggris ini, juga punya nilai nol dari emisi gas buang CO2. Tak salah jika Crosscage dan Burgman ini dijuluki Intellegent Energy karena ramah lingkungan.

Dari wujud tampilan, desain yang ditawarkan Burgman Fuel Cell ini tak ubahnya Suzuki Burgman 125. Baik itu dari segi desain setang, bodi hingga handling yang ditawarkan.

Burgman Fuel Cell mengadopsi lingkar roda 12 inci untuk bagian depan dan belakang. Begitu juga untuk penggerak roda belakang. Skubek bertuliskan H2 di bodinya ini masih usung belt.
 (motorplus.otomotifnet.com)


Spesifikasi Suzuki Burgman
Ban depan : Michelin 100/70-12
Ban belakang : Michelin 130/70-12
Jarak Sumbu Roda: 1.585 mm
Pengereman depan: Dobel disk
Pengereman belakang: Disk
Sistem transmisi: Otomatis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar